Story: 10 Pesulap Terbaik Sepanjang Masa (Part 1)


Sulap merupakan salah satu seni yang paling tua di dunia. Seiring dengan berkembangnya zaman, seni sulap menjadi semakin berkembang dan populer. Hingga saat ini, seni sulap sudah dikenal masyarakat di seluruh pelosok dunia. Hal tersebut juga membuat semakin banyak pesulap-pesulap hebat bermunculan di berbagai tempat di dunia. Namun diantara seluruh pesulap yang ada di dunia, ada 10 pesulap yang menjadi 10 pesulap terbaik di dunia yang berhasil menjadi sangat sukses (terkenal dan kaya raya) sebagai pesulap di eranya masing-masing. Berikut adalah nama-nama 10 pesulap terbaik sepanjang masa menurut situs terrific-top10.com.

#10. Soul Mystique


Mungkin banyak dari Anda yang membaca artikel belum mengenal siapa Soul Mystique. Soul Mistique adalah duo pesulap asal Australia yang memainkan Quick Change Act atau berganti pakaian dengan sangat cepat. Soul Mystique pernah mengikuti Australia's Got Talent pada tahun 2007 dan 2012, dan mereka berhasil menjadi Grand Finalist dan menjadi juara kedua pada tahun 2012. Pada tahun 2008, Soul Mystique ada di daftar 10 pesulap terbaik di dunia menurut Fox Bio Channel. Soul Mystique juga pernah diundang oleh Siegfried and Roy untuk tampil di closing acara "A Tribute to Siegfried & Roy" di The London Palladium yang juga dihadiri Ratu Elizabeth dan keluarganya. Selain itu, Soul Mystique juga telah mendapat beberapa penghargaan lainnya yang menjadikan mereka sangat sukses dan menjadi salah satu pesulap terbaik sepanjang masa dengan Quick Change Act-nya.

#9. Dante


Sama seperti Soul Mystique, mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengenal siapa itu Dante. Harry August Hansen atau yang dikenal dengan Dante the Magician. Kematiannya di tahun 1955 menjadi penutup sejarah "Golden Age of Magic" atau masa keemasan sulap. Dante menjadi sangat terkenal karena mantranya yang menjadi ciri khas, "Sim Sala Bim", yang diambil dari sebuah lagu anak-anak, yang hingga sekarang juga masih sangat akrab dengan telinga masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, Dante dikenal sebagai salah satu pesulap terbaik pada masanya.

#8.  Harry Blackstone Sr.


Harry Blackstone Sr. menjadi terkenal setelah melakukan show kepada USO (United States Organizations Inc.) selama Perang Dunia II. Selain itu, banyak trik yang menjadi sangat terkenal hingga sekarang karena dimainkan oleh Harry Blackstone Sr. Salah satunya yang paling terkenal dan banyak dimainkan hingga sekarang adalah "Sawing Woman in Half" atau memotong wanita menjadi dua. Putranya, Harry Blackstone Jr. juga menjadi terkenal sejak dia kecil karena ikut tampil dalam acara ayahnya.

#7. Jean Eugene Robert-Houdin


Pesulap asal Perancis pada abad ke-19, Jean Eugene Robert-Houdin, dikenal sebagai Bapak Sulap Modern. Harry Houdini sangat mengidolakan Robert-Houdin hingga memakai nama Houdine sebagai stage name-nya. Trik dari Robert-Houdin yang paling terkenal adalah, Robert-Houdin berjalan ke arah penonton, lalu dia menyentuh sebuah benda secara acak dari penonton, kemudian seorang temannya yang ditutup matanya berhasil menebak benda apa yang disentuh oleh Robert-Houdin. Variasi lain dari permainan tersebut adalah, seorang penonton memikirkan satu jenis minuman, kemudian Robert-Houdin membaca pikiran penonton tersebut, lalu melaui anaknya, Robert-Houdine menebak minuman apa yang dipikirkan oleh penonton. Seorang Harry Houdini pun sangat mengidolakan Houdin, jadi tidak heran jika dia masuk dalam jajaran 10 pesulap terbaik sepanjang masa.

#6. David Blaine


Tentu bukan sebuah kebetulan jika David Blaine menempati posisi ini dan masuk dalam daftar 10 pesulap terbaik sepanjang masa. David Blaine menjadi sangat terkenal sejak show street magic-nya (sulap jalanan) di televisi pada tahun 90-an. Selain menjadikannya sangat terkenal, David Blaine juga telah membuat street magic sangat digemari seluruh pesulap di dunia saat ini. David Blaine memainkan trik street magic-nya dengan sangat dekat dari penonton dan dengan gaya yang sangat "keren". David Blaine telah melakukan beberapa atraksi-atraksi yang menyita perhatian dunia, seperti ketika dia mengubur dirinya hidup-hidup (terinspirasi dari atraksi yang dilakukan idolanya, Harry Houdini, pada tahun 1926) selama satu minggu, dibekukan di dalam ruangan balok es selama 63 jam (memecahkan rekor dunia), berdiri di atas tiang setinggi 100 kaki selama 35 jam, 44 hari di dalam kotak kaca tanpa makan, berputar dalam giroskop selama 16 jam, digantung terbalik selama 60 jam, dan yang terbaru adalah menghabiskan 72 jam dengan 1 juta Volt listrik ditujukan ke tubuhnya. Jika melihat apa saja yang sudah dilakukannya, tentu sangat layak jika David Blaine menjadi salah satu pesulap terbaik sepanjang masa. 

Nah, itu tadi adalah 5 pesulap terbaik sepanjang masa yang menempati posisi 10 s.d. 6. Lalu siapa sajakah pesulap yang menempati posisi 5 s.d. 1? Nantikan dan ketahui siapa saja mereka di artikel selanjutnya. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.