Story: Stripper Deck - "Si Gimmick Tua"


Siapa pesulap yang tidak mengenal stripper deck? Sebuah dek spesial yang sudah cukup “berumur” di dunia sulap. Jika memang Anda belum mengenal stripper deck atau bahkan belum memiliki stripper deck, saya sarankan kepada Anda untuk segera membeli stripper deck di toko sulap terdekat di daerah Anda. Apa itu stripper deck dan bagaimana sejarah dari stripper deck? Akan saya jelaskan pada paragraf selanjutnya.
  
Stripper deck atau yang juga dikenal dengan nama Wizard deck, Slipper deck, dan Biseaute deck adalah sebuah Mechanical Deck yang menyajikan suatu kemudahan untuk dapat menemukan posisi sebuah kartu atau beberapa kartu dalam satu tumpuk kartu. Stripper deck memungkinkan seorang pesulap untuk dengan mudah mengontrol posisi sebuah kartu lebih dalam satu tumpuk kartu. Walaupun tumpukan tersebut sudah diacak, tetapi pesulap tetap dapat menemukan kartu pilihan penonton dengan mudah. Hanya dengan memotong tumpukan, atau juga bisa mengontrol banyak kartu untuk berada di atas atau di dasar tumpukan. Menurut John Northern Hilliard, stripper deck merupakan dek spesial yang paling tua diantara dek spesial lain seperti svengali deck, mirage deck, invisible deck, ataupun brainwave deck. Stripper deck pertama kali dipublikasikan pada buku Rational Recreation Vol. 4 karya Dr. W. Hooper pada tahun 1802.

Sebenarnya bagian mana yang spesial pada stripper deck? Jika diperhatikan dengan teliti, masing – masing kartu pada stripper deck tidak berbentuk persegi panjang seutuhnya seperti kartu pada umumnya, melainkan bentuknya seperti trapesium. Panjang sisi atas dan sisi bawah dari stripper deck sedikit berbeda. Sisi atas stripper deck biasanya lebih pendek dari sisi bawahnya, mungkin hanya selisih 1 atau 2 mm. 


Jika dilihat, konsep dari stripper deck sangat mirip dengan konsep one way deck. Sebelum memulai permainan, semua kartu pada stripper deck harus disusun searah seperti halnya dalam one way deck. Jika ada satu kartu yang posisinya berlawanan arah dengan kartu lainnya, maka kartu tersebut akan sangat mudah diketahui posisinya. Jika tumpukan dirapikan, maka kartu yang berlawanan arah akan terlihat sedikit menonjol keluar pada bagian sampingnya kiri atau kanannya. Maka dari itu, pesulap akan sangat mudah untuk mengetahui letak kartu tersebut dan juga bisa mengontrol kartu tersebut dengan sangat mudah. 


Bagian yang diberi tanda panah merah merupakan salah satu sisi kartu yang menonjol keluar karena diletakkan tidak searah dengan kartu lainnya. 

Sudah mengertikah Anda apa itu stripper deck dan bagaimana konsep dari stripper deck? Saya berharap setelah membaca artikel ini Anda paham bagaimana konsep dari stripper deck. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.