Tips: Coming Up with Original Idea (Part 1)


Ketika saya mencoba untuk membuat sebuah trik sulap ataupun peralatan sulap baru yang muncul dari ide saya sendiri, sering sekali saya kehabisan ide di tengah jalan, atau bahkan sama sekali tidak mempunyai ide untuk membuat suatu hal yang baru. Bukan hanya saya, mungkin hal ini juga sering atau pernah atau sering Anda alami ketika Anda mencoba untuk membuat sebuah trik atau routine baru yang berasal dari hasil pemikiran Anda sendiri. Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan sedikit tips kepada Anda untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel yang ditulis oleh seorang pesulap bernama Charles Bach yang membahas tentang cara bagaimana memancing ide muncul di pikiran kita. Bukan tentang cara membuat trik atau routine original. Tetapi tentang bagaimana cara untuk “memaksa” ide – ide brilian muncul secara otomatis dalam pikiran kita agar kita bisa membuat suatu hal yang baru dari pemikiran kita sendiri.

INSPIRASI
Hal pertama yang harus Anda cari adalah inspirasi. Tetapi bagaimana jika Anda tak kunjung mendapatkan inspirasi? Ketika Anda sedang menunggu inspirasi datang dengan sendirinya, sebenarnya Anda bisa memaksa inspirasi untuk datang kepada Anda. Sekarang buat diri Anda merasa lebih nyaman dan jangan terlalu pikirkan terlebih dahulu tentang benda – benda atau peralatan apa saja yang akan Anda buat menjadi sebuah alat sulap yang baru. Ini bukan tentang membuat “something from nothing”. Sebagai seorang yang mendalami dunia seni, dalam hal ini seni sulap, Anda harus dan wajib memiliki banyak inspirasi. Inspirasi tersebut juga tidaklah harus Anda cari dari lingkup dunia sulap saja. Cobalah hal lain di luar dunia sulap, misalnya :

#Bermain


Bukan hanya anak kecil saja yang butuh bermain, tetapi Anda pun yang mungkin sudah remaja atau dewasa butuh bermain untuk sekedar melepas lelah atau menghibur diri Anda dan juga untuk mendapatkan sebuah inspirasi. Atau mungkin bisa cukup dengan hanya melihat anak – anak bermain saja, mungkin sebuah ide akan tiba – tiba muncul di pikiran Anda. Misalnya, Anda mungkin bisa membuat sebuah routine sulap dari sebuah permainan ular tangga atau monopoli.

#Buku (selain buku sulap)
Untuk memaksa inspirasi muncul, Anda juga harus sering membaca buku. Terutama buku selain buku sulap. Misalnya buku novel, buku cerpen, buku sastra, buku tentang teknologi, komik, dsb. Ketika Anda sedang membaca, suatu saat mungkin akan tiba – tiba muncul sebuah ide untuk membuat trik atau routine tentang suatu hal yang ada dalam buku yang Anda baca. Misalnya Anda baru saja membaca sebuah novel romantis, mungkin Anda akan mendapatkan ide dengan menggabungkan permainan rousian roullete dengan cerita romantis pada novel tersebut.

#Kehidupan sehari – hari


Dengan memperhatikan hal – hal yang terjadi pada kehidupan sehari – hari, mungkin Anda bisa menemukan sebuah ide brilian untuk menciptakan sebuah trik sulap. Contoh nyatanya adalah routine Miser’s Dream. Routine ini bercerita tentang seorang pengemis yang mempunyai mimpi untuk bisa mendapatkan banyak koin dari manapun dia mau. 

#Benda normal
Yang dimaksud benda normal disini adalah benda diluar peralatan sulap Anda. Mulailah mencoba “move on” dari peralatan sulap yang ada di kotak sulap Anda dan cobalah ambil benda biasa yang ada di sekitar Anda. Lihat bentuknya, ketahui fungsinya, dan mungkin inspirasi akan datang kepada Anda. Jika seorang Deddy Corbuzier bisa membengkokkan sebuah sendok hanya dengan tatapan matanya, atau seorang Indra Frenos yang bisa membengkokkan sendok sayur dengan berjoget gangnam style, Anda juga harus bisa membengkokkan benda lain dan dengan gaya Anda sendiri.

#Musik

Musik juga merupakan salah satu hal yang sering sekali menjadi sebuah inspirasi untuk semua orang, terutama penulis atau pekerja seni lainnya. Misalnya seorang penulis cerpen menemukan ide ceritanya karena mendengarkan sebuah musik atau lagu romantis. Lalu, mengapa Anda sebagai seorang pesulap tidak mencoba melakukan hal yang sama? Dengarkan musik, pahami isi atau emosi musiknya, kemudian cobalah untuk membuat sebuah trik atau routine baru.

#Seni
Sebagai orang yang menekuni salah satu bidang kesenian, yaitu seni sulap. Anda juga tidak boleh “egois”. Egois disini berarti Anda tidak boleh hanya mempelajari seni sulap saja. Anda harus ingat bahwa sulap merupakan seni yang luas dan terdapat beragam seni lain di dalamnya yang berbaur menjadi satu. Jadi, cobalah Anda pelajari seni – seni lain seperti seni lukis, seni tari, atau seni lainnya. Mungkin hal tersebut akan membuat Anda terinspirasi untuk menciptakan suatu hal baru. Contohnya, jika Anda pernah melihat Derren Brown dalam shownya yang bertajuk Svengali, Derren Brown dengan luar biasanya menggabungkan sebuah permainan membaca pikiran dengan keahlian melukisnya yang luar biasa. 

#Video Games


Selain sebagai sarana hiburan, video games juga bisa menjadi salah satu media Anda mencari inspirasi. Contohnya, Anda mungkin bisa menghubungkan game Super Mario dengan sebuah routine sulap. Pernahkah hal tersebut terpikirkan oleh Anda? Jika belum, mungkin Anda bisa mencobanya. 

#Sains 


Dalam seni sulap, teori – teori sains juga sering digunakan untuk sebuah trik atau routine sulap. Misal trik merubah air menjadi es dengan sentuhan jari tangan, membakar kertas tanpa merubah kertas yang dibakar tersebut menjadi abu, dsb. Mulailah dengan belajar hal – hal yang ilmiah yang terjadi di sekeliling Anda. Kemudian cobalah cari tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Setelah itu coba Anda renungkan dan coba Anda pelajari bagaimana cara lain untuk bisa melakukan hal tersebut.

Setelah membaca beberapa paragraf di atas, sudahkah Anda menemukan jalan yang tepat untuk Anda agar bisa mendapat inspirasi? Jika sudah, ambil selembar kertas kemudian tulis atau gambarkan apa yang akan Anda lakukan agar Anda tidak lupa. Tetapi jika belum, Anda tidak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa tips lagi tentang bagaimana cara “memaksa” ide – ide brilian muncul dalam pikiran kita agar kita bisa membuat suatu hal yang baru dari pemikiran kita sendiri. Tetapi saya akan membahasnya di artikel saya yang selanjutnya. (bds.)

Bersambung Part 2...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.