Tips: Coming Up with Original Ideas (Part 2)


Artikel saya kali ini melanjutkan artikel saya sebelumnya yang menjelaskan tentang bagaimana cara “memaksa” ide – ide brilian muncul dalam pikiran kita agar kita bisa membuat suatu hal yang baru dari pemikiran kita sendiri, yang bisa Anda baca terlebih dahulu di sini. Pada part yang ke-2 ini saya akan membagikan sebuah metode lagi yang tidak kalah ampuhnya dengan metode yang pertama yang dituliskan oleh Charles Bach. Bagaimana metodenya? Simak saja yang satu ini!

MEMOLES EFEK YANG TELAH ADA
Jika Anda sudah menemukan ide tetapi Anda masih belum menemukan ide alat apa yang akan Anda gunakan untuk merealisasikan ide konsep Anda, Anda buka kembali arsip – arsip lama Anda dan pelajari atau baca kembali trik – trik lama yang sudah ada. Mungkin ada satu atau beberapa trik lama yang cocok jika digabungkan dengan ide konsep baru yang ada di pikiran Anda. Ada dua hal yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memoles sebuah efek lama agar terlihat baru.

#Cerita
Seberapa sering Anda melihat seorang mentalist bermain russian roulete di televisi? Apakah Anda bosan? Jika konsep permainan atau background ceritanya hanya itu – itu saja, mungkin Anda akan sangat bosan. Tetapi saya yakin, semua pesulap pasti ingin terlihat berbeda dengan pesulap lainnya walaupun permainan yang dibawakannya sama. Merubah jalan cerita atau menambahkan sebuah cerita dalam permainan merupakan salah satu jawabannya. Sebuah permainan yang sangat sederhana sekalipun, jika dikemas dengan cerita yang menarik pasti akan menghasilkan efek yang lebih meledak dibandingkan dengan sebuah permainan yang rumit tetapi tidak dibawakan dengan tidak menarik atau bahkan tidak jelas alur permainannya. Penambahan cerita juga bisa menghindarkan Anda dari sebuah pertunjukan yang monoton dan menjadi sebuah pertunjukan yang unik dan terkenang oleh penonton. Anda baca lagi poin pertama tentang dimana saja dan apa saja yang bisa membuat Anda mendapatkan inspirasi, kemudian Anda buat sebuah konsep cerita berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan lalu Anda gabungkan dengan efek lama yang sudah ada agar efek lama tersebut terlihat fresh lagi.

#Musik

Selain penambahan cerita, penambahan musik juga menjadi salah satu cara untuk memperbarui sebuah efek lama. Contohnya jika Anda melihat video – video sulap klasik yang dibawakan oleh Slydini, Cardini, Dai Vernon, atau pesulap lainnya di era tahun 50 s.d. 80-an, background musik yang mereka gunakan kebanyakan musik – musik klasik, yang mungkin memang sangat sesuai dengan para pendengarnya di era itu. Di era modern ini, mungkin Anda bisa mencoba membawakan routine klasik ala Slydini, Cardini, ataupun Dai Vernon dengan iringan musik modern. Tidak menutup kemungkinan pertunjukan Anda akan menjadi sangat menarik dan unik.(bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.