Tips: Coming Up with Original Ideas (Part 3)

 
MIX & MATCH
Kali ini saya masih akan melanjutkan pembahasan dua postingan saya sebelumnya. Yaitu tentang metode bagaimana cara “memaksa” ide – ide brilian muncul dalam pikiran kita agar kita bisa membuat suatu hal yang baru dari pemikiran kita sendiri. Jika Anda belum membaca dua postingan sebelumnya, silahkan baca part 1 dan part 2 terlebih dahulu. Nah, sekarang saya akan membahas satu metode terakhir. Metode yang ketiga ini adalah metode yang menurut saya paling unik dan benar – benar spekulatif. Tetapi akan cukup ampuh untuk bisa memancing ide – ide kreatif Anda. Begini metodenya, hal pertama Anda butuhkan adalah sebuah notepad. Kemudian Anda tulis benda – benda yang menurut Anda memungkinkan dan cukup unik untuk dijadikan sebuah alat sulap atau sebuah routine sulap. Anda gunakan satu lembar kertas untuk menulis satu nama benda. Kemudian Anda sobek kertasnya, Anda remas dan Anda jadikan bola – bola kertas. Misalnya :
- Majalah
- Sepatu
- Bulu Ayam
- Pensil
- Lampu
- Remot televisi
- Botol air mineral
- Roti
- Permen
- Handphone
- Dompet
- Batu
- Balon
dsb....
Setelah itu, Anda kumpulkan bola – bola kertas yang berisi nama – nama bendanya, kemudian Anda masukkan ke dalam sebuah wadah. Kita sebut itu wadah A. Persiapkan lagi notepadnya dan sekarang yang harus Anda tulis adalah berbagai macam efek dalam permainan sulap, kemudian lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Sobek kertasnya, kemudian jadikan bola – bola kertas. Misalnya :
- Memunculkan
- Menghilangkan
- Memindahkan
- Levitasi
- Color Change
- Teleportasi
- Penetrasi
- Telekinetik
- Mind Reading
- Clairvoyant
- Psikokinetik
- Magnetik
dsb....
Kemudian masukkan ke dalam wadah. Untuk wadah yang berisi berbagai macam efek permainan sulap ini kita sebut wadah B.

Setelah itu acak bola – bola kertas yang ada di wadah A dan wadah B, lalu Anda ambil satu bola dari masing – masing wadah. Misalkan di wadah A Anda mendapatkan benda Handphone, dan di wadah kedua Anda mendapatkan efek Levitasi. Berarti Anda harus berpikir bagaimana cara membuat efek menerbangkan sebuah Handphone, apakah dengan menggunakan Invisible Thread (benang transparan) atau yang lainnya. Cara ini tentu akan sangat mengasyikan dan memancing ide – ide kreatif muncul dari pemikiran Anda.
Namun diantara tiga cara untuk memunculkan ide tadi, ada satu faktor utama yang menjadi kunci keberhasilan untuk bisa menciptakan suatu hal yang original adalah diri Anda sendiri. Suatu hal dikatakan original karena itu muncul dari hasil pemikiran Anda, dan hasil pemikiran itu akan muncul apabila Anda melakukan tips – tips tadi dengan baik. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka ide – ide yang muncul juga akan baik begitu pula sebaliknya. Jika Anda sudah bisa melakukannya dengan baik, mungkin suatu saat Anda bisa menjadi salah satu creative thinker dalam pembuatan trik atau peralatan sulap yang terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.