Tips: "Flourish" Your Card Trick


Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis artikel tentang sulap kartu, yang katanya disebut-sebut sebagai "puisinya" dunia sulap karena terdapat banyak keindahan dalam seni sulap kartu. Tetapi, tidak mudah untuk membuat sebuah trik sulap kartu menjadi "indah". Baik dari efek permainan yang ditimbulkan ataupun cerita dari permainan tersebut. Nah, kali ini saya akan berbagi kepada Anda beberapa tips untuk mengindahkan trik sulap kartu Anda. 

#1. Kuasai Permainan

 

Sebenarnya bukan hanya dalam sulap kartu saja Anda harus menguasai permainan. Tetapi apapun aliran sulap Anda, Anda harus menguasai permainan Anda dulu sebaik mungkin sebelum Anda menampilkannya di depan penonton. Berlatihlah sesering mungkin! Khususnya untuk trik sulap kartu, Anda harus banyak berlatih di depan cermin dalam sudut pandang yang berbeda-beda agar Anda bisa melihat sendiri dari sisi mana permainan Anda "tidak aman" untuk dilihat. 

#2. Sleight of Hands (Kecepatan Tangan)


Sleight of Hands atau kecepatan tangan dalam melakukan trik sulap kartu juga harus Anda kuasai dengan sempurna. Seperti break, double lift, palming, dan lain sebagainya. Jika Anda telah menguasai dengan sempurna teknik-teknik tersebut, Anda tentu tidak akan kesulitan lagi ketika memainkan sebuah trik card change, card vanish, dan lain sebagainya. Jika skill sleight of hands Anda sempurna, penonton tidak akan bosan melihat Anda bermain sulap, dan juga penonton akan semakin percaya bahwa Anda benar-benar pesulap yang memiliki skill yang baik.

#3. Flourish


Selain menguasai gerakan-gerakan sleight of hands, ada baiknya Anda juga menguasai gerakan-gerakan flourish, minimal gerakan dasar seperti springing, fanning, riffle shuffle, spread, hand spread, dan false cut. Akan lebih baik dan lebih sempurna lagi apabila Anda menguasai berbagai variasi gerakan-gerakan flourish. Penonton pasti akan lebih merasa terhibur, karena selain menikmati efek dari trik sulap Anda, penonton juga bisa menyaksikan keindahan gerakan-gerakan card flourish Anda.

#4. Cerita & Makna Permainan

Trik sulap kartu Anda akan terasa semakin menarik dan membuat penonton penasaran apabila Anda menambahkan sebuah cerita ke dalam permainan Anda. Misalkan Anda bermain dengan pasangan Anda, mungkin Anda bisa membubuhkan cerita Romeo & Juliete pada permainan Anda. Lalu di akhir permainan, berikanlah makna permainan atau ending cerita yang menarik dan TIDAK TERDUGA. Buatlah alur cerita Anda sendiri dan tentunya dengan ending yang juga Anda buat sendiri yang pastinya tidak mudah ditebak oleh penonton. 

#5. Kebersihan Tangan dan Kartu

 

Kebersihan sebagian dari Iman. Selain itu, kebersihan juga menjadi salah satu penentu keberhasilan trik sulap Anda. Tentu tidak terbayang jika ketika bermain sulap, kondisi tangan (jari, telapak tangan, dan kuku) Anda dalam keadaan kotor, dan juga kartu yang Anda gunakan sudah kotor dan rusak. Walaupun skill Anda luar biasa, flourish Anda luar biasa, makna permainan Anda luar biasa, tentu penonton juga akan malas melihat ke arah tangan Anda karena sangat kotor. Selain itu, trik sulap Anda juga tidak akan menjadi indah lagi karena hal tersebut.

Itu tadi adalah 5 tips untuk mengindahkan trik sulap kartu Anda yang telah saya rangkum menurut pengalaman saya. Tetapi selain 5 hal tersebut, ada 1 hal lagi yang menjadi faktor paling penting.  Yaitu Diri Anda sendiri, mulailah dengan percaya dengan kemampuan Anda sendiri, maka penonton pasti juga akan percaya dengan kemampuan Anda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pesulap di Indonesia. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.