Tips: Perfect Practice


"Jadi pesulap itu susah, karena harus latihan setiap hari."
Apakah Anda setuju dengan pendapat tersebut? Yup, menjadi seorang pesulap bukanlah perkara mudah dan, latihan adalah salah satu kunci utamanya. Berapa jam Anda berlatih sulap dalam sehari? Apakah latihan Anda cukup efektif? Terkadang berlatih sulap secara terus menerus akan menimbulkan kejenuhan dan malah akan menjadi latihan yang tidak efektif. Nah, kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara latihan (practice) dan latihan yang sempurna (perfect practice). Apa maksudnya latihan yang sempurna? Selama Anda latihan, apakah Anda sudah berlatih di depan cermin? Apakah Anda sudah berlatih dengan merekan latihan Anda dengan kamera? Jika belum, itu berarti Anda belum mealakukan latihan secara sempurna. Lalu bagaimana cara melakukan "perfect practice" atau latihan dengan sempurna? Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar Anda melakukan latihan sulap yang lebih efektif dan lebih sempurna.

Cara pertama - Berlatihlah di depan cermin. Jika memungkinkan, gunakan 3 buah cermin untuk 3 sudut pandang yang berbeda, depan, kanan, dan kiri, agar Anda bisa melihat 3 sisi yang berbeda dan mengetahui dari sisi mana trik sulap Anda tidak boleh dilihat.


Cara kedua - Berlatihlah dengan merekam aksi latihan Anda. Rekamlah latihan Anda beberapa kali dalam beberapa sudut pandang yang berbeda, sama seperti berlatih menggunakan cermin. Setelah itu tonton semua videonya, dan Anda akan seolah menjadi penonton pertunjukan sulap Anda sendiri dari berbagai sudut pandang. Maka, jika Anda melakukan sebuah kesalahan, Anda bisa segera mengetahuinya dan akan segera memperbaikinya.


Cara ketiga - Berlatihlah dengan menggunakan lightning (pencahayaan). Walaupun Anda belum pernah melakukan show di atas panggung dengan sebuah lightning, Anda juga harus berlatih menggunakan lightning. Berlatihlah di dalam ruangan yang gelap dengan satu cahaya yang mengarah kepada Anda. Mungkin Anda bisa menggunakan lampu senter atau cahaya lilin. Bayangkan Anda berada di atas panggung yang gelap sehingga penonton tidak terlihat dan cahaya hanya menyorot ke arah Anda.


Cara keempat - Jika Anda memiliki patter (cerita) untuk pertunjukan Anda, latihlah patter Anda dengan merekam suara Anda. Berbicaralah dan rekamlah apa yang akan Anda katakan pada pertunjukan Anda. Kemudian dengarkan rekaman Anda dan perhatikan bagian mana saja yang harus diperbaiki. 


Cara kelima - Langkah terakhir ini adalah langkah yang paling sering dibahas di forum manapun. Yaitu berlatihlah dengan orang terdekat Anda, seperti keluarga ataupun teman Anda. Tetapi, biasanya orang-orang terdekat pasti akan selalu memberikan respon positif terhadap apa yang Anda lakukan. Hal tersebut mungkin malah akan membuat Anda tidak terbiasa dengan seseorang yang mungkin akan memberikan respon negatif, seperti misalnya tidak suka dengan apa yang Anda mainkan, tidak suka dengan gaya Anda, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika Anda mencoba berlatih dengan orang yang baru saja Anda kenal. Pelajari respon setiap orang yang menjadi penonton Anda, dan perbaiki setiap hal yang mendapat respon negatif dari penonton.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk melakukan latihan sulap agar latihan Anda menjadi lebih efektif. Menurut Anda, Apakah cara-cara berlatih tadi terlalu sulit? Tentu tidak sulit, kan? Apalagi jika Anda ingin menjadi seorang pesulap profesional yang sukses. Menjadi sukses bukanlah suatu hal yang mudah, masih banyak hal yang harus Anda (dan juga saya tentunya) lakukan. Berlatihlah dengan keras agar kita bisa menjadi "nothing to something". (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.