Tips: Sleight of Hands Magic

 
Sleight of hands atau kecepatan tangan merupakan salah satu skill atau kemampuan yang sangat berguna dalam dunia sulap dan harus dimiliki oleh setiap pesulap, apapun aliran sulap yang ditekuni. Mengapa? Kecepatan tangan bisa dilakukan kapan saja, dimanapun, dan tanpa menggunakan peralatan khusus (impromptu magic). Sleight of hands atau kecepatan tangan ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai benda seperti kartu, koin, kunci, kertas, pensil, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kemampuan ini sangatlah wajib dimiliki atau dikuasai oleh setiap pesulap. Nah, kali ini saya akan berbagi kepada Anda tentang langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mempelajari sleight of hands magic bagi Anda yang baru ingin mempelajari sleight of hands magic ataupun bagi Anda yang ingin lebih jauh mendalami sleight of hands magic.

1. Langkah pertama adalah mengetahui apa saja kategori sleight of hands. Ada banyak sekali kategori sleight of hands magic, tetapi saya akan jelaskan 3 kategori besarnya saja. Yaitu card sleight of hands, coin sleight of hands, dan misc. sleight of hands.

a. Card Sleight of Hands
 

Sleight of hands menggunakan satu pak kartu remi sering menjadi pilihan pertama bagi seseorang yang baru memulai petualangannya di dunia sulap. Efek dari kategori pertama ini biasanya mencakup membuat sebuah kartu menghilang di udara, muncul di udara, merubah kartu, mengontrol kartu, dan lain sebagainya. Referensi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin lebih jauh tentang macam-macam card sleight of hands, ada baiknya Anda membaca buku "Expert Card Technique" karya Jean Hugard atau "Expert at The Card Table" karya S.W. Erdnase. Selain itu, card sleight of hands juga bisa dimainkan menggunakan kartu lain seperti kartu nama, kartu kredit, atau kartu lainnnya selain kartu remi. Hal tersebut tentu saja membuka kesempatan bagi Anda untuk bisa memainkan sebuah trik card sleight of hands menggunakan jenis kartu apapun.

b. Coin Sleight of Hands
 

Sleight of hands dengan menggunakan koin merupakan pilihan kedua yang biasanya menjadi langkah kedua setelah seseorang mempelajari sleight of hands dengan menggunakan kartu. Anda bisa menggunakan koin apapun, lalu Anda bisa membuat koin tersebut muncul, menghilang, ataupun berubah. Ada banyak metode-metode dasar dalam coin sleight of hands, seperti french drop, classic palm, finger palm, dan masih banyak lagi. Ada beberapa referensi yang sangat bagus untuk belajar coin magic, seperti "Modern Coin Magic” karya J.B. Bobo and “Coin Magic” karya Richard Kaufman. Walaupun kebanyakan bukunya berbahasa Inggris, tetapi isi dari buku tersebut sudah mencakup berbagai gerakan-gerakan coin magic dan sangat lengkap. Banyak pesulap yang sangat menyukai coin magic. Mengapa? Karena coin magic bisa dilakukan di seluruh tempat di seluruh dunia dan Anda bisa dengan sangat mudah mendapatkan sebuah koin. Selain itu, jika koin yang Anda gunakan adalah koin yang Anda pinjam dari penonton, hal tersebut akan menimbulkan efek 10x lebih besar.

c. Misc. Sleight of Hands
 

Alasan mengapa kategori ini dinamakan misc. sleight of hands (kecepatan tangan dan lain lain) adalah karena properti yang digunakan beraneka ragam. Bukan hanya kartu dan koin saja, tetapi menggunakan tali, pensil, bola, kain, karet, dan lain sebagainya. Efek yang dihasilkan sebenarnya juga masih sama dengan card sleight of hands dan coin sleight of hands, seperti memunculkan, menghilangkan, merubah, dan lain yang sebagainya, namun tekhnik dan handlingnya berbeda. Buku-buku atau tutorial yang mengajarkan misc. sleight of hands pun tidak sebanyak buku yang mengajarkan card sleight of hands dan coin sleight of hands.

2. Setelah Anda menentukan kategori mana terlebih dahulu yang ingin Anda pelajari, Anda cari peralatan yang Anda butuhkan seperti kartu atau koin atau benda lainnya. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan sebuah buku panduan atau DVD tutorial. Setelah semua siap, sekarang waktunya Anda untuk belajar sleight of hands.


3. Langkah ketiga adalah LATIHAN. Setelah membaca buku atau melihat DVD tutorial, berlatihlah sesering mungkin. Berlatihlah di depan cermin dalam berbagai sudut pandang untuk melihat kelemahan dari gerakan-gerakan yang Anda lakukan. Selain itu, berlatihlah dengan memainkan trik-trik yang Anda pelajari di depan orang-orang terdekat Anda, seperti teman-teman Anda atau keluarga Anda. Jika Anda telah cukup yakin dengan kemampuan Anda, cobalah memainkan sebuah trik di depan seseorang dengan menutup mata Anda. Jika Anda berhasil tanpa melakukan kesalahan sedikit pun, maka Anda bisa bermain di depan penonton dengan menatap wajah penonton Anda dan bukan hanya terfokus pada tangan Anda.

Nah, itu tadi adalah beberapa langkah-langkah dan tips bagi Anda yang ingin belajar sleight of hands magic atau sulap kecepatan tangan. Semoga dapat bermanfaat bagi dunia sulap Indonesia. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.