Story: Deddy Corbuzier, One Step Ahead



Beberapa jam yang lalu saya membaca sebuah postingan di facebook yang menurut saya sangat menginspirasi diri saya, dan mungkin akan membuka pikiran Anda para magician Indonesia yang belakangan ini sering kali berdebat tentang "MAGIC". Dan saya akan membagikan postingan tersebut kepada Anda sekalian para pencinta seni misteri tanpa saya edit sedikitpun. So, semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Check it out! (bds.)

Sedikit catatan saya mengenai siapa itu Deddy Corbuzier. Katanya ada beberapa pesulap yang mau bikin revolusi. Nah kalau mau revolusi berarti Anda harus tahu dulu siapa lawan Anda.

1. Sudah lebih dari 30 tahun belajar sulap.Menguasai banyak aliran sulap seperti klasik, ilusi, mentalism pickpocket, escape dan pastinya close-up.

2. Pertunjukkan professional pertama kali waktu berumur 12 tahun.

3. Pernah dibayar kurang dari 20rb pada masa awal karirnya.

4. Pernah bermain di panggung besar dengan kurang dari 10 penonton pada awal karirnya.

5. Lebih dari 7 tahun bermain sulap table to table di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta.

6. Lebih dari 15 tahun mengisi acara sulap di TV mulai dari impresario 008 sampai The Next Mentalist yang masih tayang sekarang.

7. Membuat pertunjukkan tunggal dimana sampai sekarang hanya beberapa pesulap besar dunia yang mampu membuatnya.

8. Pernah membuat ibunya menangis ketika pulang kerumah dengan rambut yang sudah dipotong seperti "Mickey Mouse"

9. Pernah dibilang bahwa keturunan tidak mungkin sukses di TV apalagi mentalist oleh salah seorang pesulap senior.

10. Membuat beberapa karya Internasional, salah satunya adalah "Free Will" yang konsepnya dipakai di beberapa buku mentalist terkenal dunia dan mendapat testimoni positif dari banyak mentalist dunia. Salah satu karyanya yang unpublished adalah "Nocturnal Book Test". Kalau Anda punya kesempatan bertemu beliau, coba tanya...

11. Membuat buku best seller di Indonesia hasil kolaborasi dengan beberapa anggota Pentagram yaitu Book of Magic yang hasil penjualannya disumbangkan kepada yayasan anak yatim.

12. Membuat banyak publicity stunt, yang hasilnya digunakan untuk mendanai beberapa yayasan anak yatim dan kegiatan sosial lainnya.

13. Pernah memiliki yayasan anti narkoba dan beliau termasuk salah seorang yang sangat anti Narkoba.

14. Sangat gemar membaca dan menghabiskan banyak waktunya untuk membaca.

15. Tidur kurang dari 5 jam sehari, sebagian besar digunakan untuk membaca, diskusi dan latihan.

16. Berdiri didepan kaca lebih dari 2 jam sehari hanya untuk latihan gesture, pattern dan intonasi.

17. Berhasil membuat karakter yang Anda lihat sekarang dan berbeda 180° dengan karakter aslinya. Pada jaman dulu saya ingat ketika beliau telah memakai make-up, tidak ada orang yang bahkan berani bercanda didepan beliau, termasuk eks istrinya.

18. Memiliki 2 rumah bertingkat yang berisi ribuan buku sulap ORIGINAL dan puluhan ribu alat sulap mulai dari close up sampai alat ilusi besar yang bertambah setiap bulannya. Bahkan buku dan alat sulap yang tidak ada di pasaran. 4 tahun lalu saya bisa muntah darah kalau disuruh baca semua bukunya dan mencoba alatnya, kebayang kalau sekarang. Percaya atau tidak, beliau sudah membaca hampir semua buku disana.

19. Sering menjawab "tidak tahu" saat ada orang awam yang bertanya tentang sulap yang dimainkan pesulap lain. Berbeda dengan apa yang kebanyakan pesulap sekarang lakukan.

20. Pernah menolak bayaran yang lebih kecil 5jt dari harga penawaran padahal uang di dompet tinggal 500rb. Menurutnya, uang adalah apresiasi dari apa yang ditekuninya dan salah satu wujud penghargaan. Tidak seperti banyak pesulap yang rela ditawar murah. Itulah menurutnya yang membuat sulap tidak dihargai dan menjadi murahan.

21. Mendirikan Pentagram Management, sebuah management pesulap ekslusif yang berhasil membuat beberapa anggotanya terkenal, sebut saja Romy Rafael, Demian, Bow Vernon, Oge Arthemus, dll. Walaupun sekarang sudah bubar.

22. Membuat program pencarian bakat sulap terbesar di Indonesia yaitu The Master dan merubah hidup beberapa pesertanya. Sebut saja Master Joe Sandy, yang berhasil mengangkat matematika dari sulap dan mengispirasi ratusan bahkan jutaan masyarakat Indonesia. Pada akhirnya, jebolan The Master kembali ke hidup dan usahanya masing2. Ada yang masih sukses dan adapula yang tidak.

23. Memiliki banyak konsep acara TV yang sebagian besar pernah ditolak.

24. Berhasil mengenalkan banyak aliran sulap, khususnya mentalism, dimana pada jaman dahulu, masyarakat Indonesia hanya mengenal sulap klasik.

Ini hanya sebagian kecil dari yang saya ingat, diluar hal diatas beliau adalah host dari salah satu program talkshow tv swasta yang sudah tayang lebih dari 1000 episode dan berhasil merubah hidup banyak orang dengan program OCD.

Saya sendiri adalah salah satu orang yang berhutang budi pada beliau. Pada masa sulit dulu, saya dipersilahkan untuk tinggal dirumah beliau hampir 5 tahun lamanya. Mulai dari belajar sulap sendiri ditemani anjing, menjadi asisten, konsultan beliau, dicarikan pekerjaan diluar sulap, sempat menjadi manager di resto beliau dan menjadi disainer di salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Tentu saja dengan gaji yang tinggi. Mengajar di sekolah sulap beliau sampai punya show sendiri yang harganya fantastis bahkan mungkin lebih tinggi dari kebanyakan pesulap sekarang. Dikasih kontrakan dengan harga yang murah, sampai akhirnya saya menikah, punya anak dan memiliki usaha sendiri dengan ilmu yang saya dapat dari beliau..

Nah, sekarang pertanyaan saya untuk Anda teman2 magician, baik yang pro ataupun yang kontra. Mampu ga Anda menjadi seperti beliau? Saya yakin Anda bahkan tidak mampu mengikuti 10% dari apa yang saya tulis diatas. Kalau gitu jangan bermimpi untuk menggulingkan "tahta" beliau atau bahkan menjadi sukses di dunia sulap.

Atau gini deh, siapa yang latihan minimal 2 jam sehari didepan kaca hanya untuk melatih gesture, pattern dan intonasi? Atau rela tidur jam 5 pagi dan meeting jam 10 hampir setiap harinya?

Yes true, mungkin saya setuju kalau ada yang bilang monopoli. Karena menurut saya belum ada yang mampu untuk menandingi beliau. Kalau mau menang dari apa yang Anda sebut monopoli, artinya Anda setidaknya harus sama level atau popularitasnya dengan beliau.

Sekarang kalau Anda berkomentar tentang fail pada acara TNM minggu lalu, well kalau saya tulis diatas, itu hanya sebagian kecil dari satu nomor diatas. So what? Yang bersangkutan aja ga perduli. Itu resiko yang harus didapat ketika tampil live di TV dengan jutaan penonton, yang bahkan sebagian besar dari Anda tidak berani bahkan untuk tampil di TV. Kesempatan tidak ada? Kata siapa? Anda terlalu sibuk mengekor dan mengurusi keburukan magician lain sehingga Anda melewatkan apa yang disebut dengan "kesempatan". Perlu dibaca kembali bahwa Deddy Corbuzier telah tampil live di TV didepan jutaan pemirsa selama lebih dari 15 tahun. One or two fail? So What? Main ilusi padahal mentalist? So what? Pada akhirnya orang Indonesia akan mengingat bahwa Deddy Corbuzier adalah master mentalist yang bisa bermain ilusi. Siapa Anda? Kalau tetap seperti sekarang, maka mau ratusan tahun lagi-pun, tidak akan ada orang yang tahu siapa Anda.

Sekarang, jangan bermimpi untuk menjadi magician sukses kalau Anda masih mencari buku, dvd atau alat bajakan. Atau setiap kali ada pesulap main di tv, Anda langsung sibuk mencari rahasianya di youtube. Bahkan mencari popularitas atas kesuksesan pesulap lain dengan membongkar rahasianya. Well who cares? Yang pasti Anda tertinggal satu langkah. Ketika yang bersangkutan sudah menyiapkan beberapa langkah kedepan, Anda masih berkutat dengan hal dibelakang.

Ada yang bilang kalau acara TM dan TNM dibuat untuk menjatuhkan pesulap lain. Dijadikan kacung atau apalah itu... well, kalau DC tidak mengambil peran seperti itu, siapa yang mau nonton? Bukankah yang diuntungkan itu pesertanya? Yang pasti masih lebih baik daripada dibongkar rahasia setelahnya. Pada akhirnya Anda semua yang berkomentar buruk hanya akan menambah popularitas acara tersebut. Remember "Good news and bad news is still a news and people tend to forget".

Beberapa magician mungkin mencoba untuk go internasional katanya atau ikut FISM, silakan.. banyak cara untuk bisa sukses menjadi magician. Tapi lupakan kalau Anda ingin menggusur popularitas Deddy Corbuzier disini! Gini deh, coba tanya client Anda apa tahu FISM? Yang mereka tahu adalah Deddy Corbuzier berhasil membengkokan sendok dan kunci dilayar kaca.

Saran saya untuk teman2 magician diluar sana, percuma punya trik sakti kalau Anda tidak bisa menjadi inspirasi bagi orang banyak. Its not all about tricks, money and popularity tapi terbukti bukan hanya untuk saya dan teman2 magician lain, Deddy Corbuzier dengan popularitasnya berhasil merubah hidup dan menjadi inspirasi banyak orang, bahkan dari trik sederhana yang mungkin Anda sering mainkan. Bukankah magic itu harus seperti itu? Bermanfaat untuk orang lain.

Selain itu ada beberapa syarat lain, be smart, wise, konsistensi and patience. Thats what i think makes Deddy Corbuzier as the person you see today!

Untuk Anda yang sudah meluangkan waktu membaca notes saya ini, silakan Ambil positifnya, yang Anda tidak suka silakan buang. Kalau Anda tidak suka dengan Deddy Corbuzier, itu hak Anda, yang pasti tolak ukur kesuksesan itu Anda sendiri yang menentukan, artinya banyak jalan menuju sukses. So stop menjelekan pesulap lain, and stop complaining. Karena langkah Anda akan terhambat disana, learn more, do what you think is good... makes miracle and give hopes to others

Semoga sulap di Indonesia makin maju... semoga...

Good luck guys..
Erick Wesz
Thank's to: Erick Wesz, dan Aksah Muhammad. H yang udah share postingan ini di grup INDONESIAN MAGICIAN dan akhirnya saya membacanya :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.