#WhatTheFact?-5: Belajar Dengan Membaca Lebih Baik


Ada pesulap selalu ingin cepat atau instant dalam mempelajari sebuah trik atau metode, salah satunya dengan menonton video tutorial. Bahkan saking dimanjakannya dengan video tutorial, biasanya mereka menjadi malas dan bahkan tidak mau belajar dari buku atau ebook atau sumber lain berupa bacaan. Alasannya sederhana: "Belajar lewat video lebih gampang dan lebih mudah dimengerti." Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata belajar dengan membaca itu lebih baik dari belajar melalui video atau audio? Bukan hanya dalam belajar sulap, tetapi dalam belajar segala hal. Simak artikel singkat yang satu ini! (bds.)

Baca buku itu lebih baik ketimbang belajar melalui video atau audio...

Mengapa?

Menurut ilmu psikologi, gelombang otak THETA (1-2 fokus) dapat memudahkan seseorang untuk memasukkan informasi kedalam alam bawah sadar.

Kondisi fokus yang sedikit ini lah yang di kategorikan kepada kondisi THETA, atau super-sugestives.
Dalam membaca buku, Anda hanya akan difokuskan untuk membaca huruf-huruf maupun angka-angka. Selanjutnya, dibentuk menjadi gambaran-gambaran imajinasi didalam otak kita sehingga menjadi sebuah gambaran MENURUT PEMAHAMAN YANG KITA ANGGAP LAYAK. Jadi dapat dengan mudah kita terima atau tolak didalam otak kita.

Jika kita melihat sebuah video, maka akan ada banyak fokus yang tercipta, entah kita melihat cara mereka (yang ada didalam video) berpenampilan, cara mereka berbicara, intonasi bicara mereka, atau dengan kata lain, kita akan dengan mudah ter-alihkan ke hal-hal lain selain esensi pembelajaran itu sendiri.

Jadi, selain baca buku baik untuk mengasah imajinasi, juga baik untuk mengasah otak kiri, yang langsung mem-bypass informasi kedalam alam bawah sadar kita.

Setelah membaca dan memahami artikel di atas, masih malaskah Anda untuk belajar dengan membaca buku atau artikel? Renungkan!

Sumber: Fanpage Facebook - Rheza Elfuego - Corp.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.