Story: MATRIX

Al Schneider

Kali ini saya akan menceritakan sejarah (sangat) singkat tentang trik yang cukup populer, Matrix. Matrix adalah sebuah trik sulap menggunakan kartu dan koin, dimana empat buah koin dipisahkan di empat tempat membentuk persegi, kemudian masing-masing koin ditutup dengan menggunakan selembar kartu. Dengan gerakan-gerakan ajaib dari tangan pesulap, koin-koin tersebut bisa berpindah-pindah dengan sendirinya dan keempat koin tersebut berkumpul dibawah salah satu kartu diantara empat kartu yang ada. 

Trik ini dikembangkan oleh pesulap bernama Al Schneider pada tahun 1960 dan baru pertama kali dipublikasikan dengan nama Matrix pada majalah Genii pada November 1970, kemudian dipublikasikan ulang di majalah yang sama pada Februari 2000. Matrix sebenarnya adalah variasi atau pengembangan dari trik "Sympathetic Coins" karya Yank Hoe yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1909. 

Pada awalnya, Al Schneider pun tidak menyebut trik ini dengan nama Matrix, melainkan "Coins-n-Cards". Seorang pesulap bernama Karrel Fox juga pernah mengusulkan nama untuk trik tersebut dengan nama "Al-ternating Coins", tetapi Al Schneider tidak menggunakan nama tersebut. Pada saat itu, Al Schneider sedang bekerja sebagai dosen Fisika di salah satu universitas, dan dia terinspirasi dari salah satu konsep matematika yaitu matrix. Ya, mungkin Anda juga pernah mempelajarinya juga ketika SMA. Maka dari itu, dia menamakan trik ini dengan Matrix. Selain itu, Al Schneider juga pernah membuat sebuah buku tentang berbagai macam metode Matrix berjudul "The Methods of Matrix".

Nah, itu tadi adalah sejarah singkat tentang trik Matrix yang mungkin menjadi salah satu trik favorit Anda. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan Anda tentang dunia sulap. (bds.)


Source: MagicPedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.