Tips: Persona Itu Penting!


Pernahkah Anda merasa sukses melakukan sebuah pertunjukan, tetapi entah mengapa penonton terlihat kurang antusias atau bahkan tidak memberikan respon positif? Apakah ada yang salah? Mungkin ada miss pada trik yang Anda mainkan, atau presentasi Anda kurang menarik. Tetapi jika bukan keduanya, lalu apa? PERSONA!

Sudahkah Anda memiliki persona ketika di atas panggung? Persona dalam bahasa Latin berarti Topeng. Pernah menemui seorang di dunia maya yang sangat bawel luar biasa dan frontal? Namun setelah dijumpai di dunia nyata ternyata dia adalah sosok yang pendiam. Juga seorang yang tampaknya dingin, cuek dan pendiam namun setelah dekat dan kenal ternyata sifatnya berubah menjadi menyenangkan dan perhatian. Seperti itulah gambaran tentang persona, sosok yang terlihat dari luar. Apakah karakter Anda ketika di kehidupan sehari-hari sama dengan karakter Anda di atas panggung? 

Persona sangatlah penting untuk setiap pesulap, bahkan mungkin untuk semua orang. Pernahkah Anda melihat pertunjukan dari David Blaine atau Criss Angel yang sebenarnya hanya memainkan permainan atau trik sederhana, tetapi penonton memberikan apresiasi dan respon yang sangat luar biasa? Itu adalah karena persona mereka yang sangat kental dan kuat. Orang sudah menilai kedua sosok tersebut sebagai pesulap yang sangat luar biasa dan dianggap benar-benar memiliki kekuatan untuk menciptakan sebuah keajaiban dengan karakter dan ciri khas mereka masing-masing. Bahkan terkadang peralatan yang mereka gunakan pun dibuat sesuai dengan karakter meraka. 

Ketika Anda tidak memiliki persona, kemudian suatu saat Anda tampil di atas panggung dan memainkan sebuah trik sederhana, mungkin antusias penonton tidak terlalu baik. Tetapi ketika Anda memiliki persona, misalkan Anda memiliki persona yang lucu, menyeramkan, cool, atau terlihat "bodoh" misalnya, trik sederhana yang Anda mainkan tentu akan memiliki nilai tambah di mata penonton.

Persona sangatlah penting. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat menulis artikel tentang bagaimana cara membangun karakter atau persona Anda di atas panggung. Anda bisa membacanya di alamat berikut: http://newbagasmagic.blogspot.com/2014/01/tips-ciptakan-karakter-anda-di-atas.html. Dengan adanya persona, Anda bisa membungkus permainan atau pertunjukan Anda dengan lebih apik dan menarik di mata penonton. (bds.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tanpa unsur SARA dan SPAM.